- Kekurangan protein pada makanan menyebabkan busung lapar. Protein selain merupakan penyusun enzim, juga berfungsi dalam ....
- Menyusun penimbun lemak
- Merusak zat yang bersifat racun
- Memelihara keseimbangan tekanan osmosis darah
- Menjaga keseimbangan energi
- Memelihara ketegangan suatu sel
- Zat makanan yang menghasilkan energi tertinggi untuk satuan berat yang sama adalah ....
- Protein c. Karbohidrat e. Vitamin
- Serat kasar d. Lemak
- Berikut adalah vitamin yang dapat larut di dalam lemak, kecuali ....
- Vitamin C
- Vitamin A
- Vitamin D
- Vitamin K
- Vitamin E
- Pada orang dewasa, jumlah giginya mencapai ....
- 24
- 32
- 34
- 22
- 30
- Jonjot usus halus berfungsi memperluas bidang penyerapan sari makanan. Berikut yang diserap oleh jonjot usus halus antara lain ....
- Protein dan lemak
- Glukosa dan asam amino
- Zat pati dan vitamin
- Asam amino dan lemak
- Sukrosa dan fruktosa
- Enzim yang dapat mengemulsikan lemak menjadi asam lemak dan gliserol adalah ....
- Erepsin
- Renin
- Lipase
- Katalase
- Ptyalin
- Pencernaan mekanik yang terjadi di rongga mulut dibantu oleh pencernaan enzimatik menggunakan ....
- Enzim renin
- Enzim lipase
- Enzim katalase
- Enzim ptialin
- Enzim tripsin
- Di antara karakteristik berikut yang bukan merupakan karakteristik cairan empedu adalah ....
- Diproduksi oleh kandung kemih
- Campuran dari garam-garam khusus, air dan kolesterol
- Berperan sebagai agen pengemulsi
- Membantu pencernaan lemak oleh lipase
- Bekerja dalam usus halus
- Perhatikan gambar susunan gigi orang dewasa berikut
Bagian yang berfungsi memotong
makanan ditunjukkan oleh nomor ....
a.
1
b.
2
c.
3
d.
4
e.
3 dan 4
- Susunan gigi yang tidak terdapat pada anak-anak adalah ....
- Insisivus d. Premolar
- Molar e. Gigi susu
- Caninus
- Organ yang berfungsi mensekresikan HCl, enzim pencernaan, dan lendir, ditunjukkan oleh nomor ....
- 1 d. 4
- 2 e. 5
- 3
- Penyerapan zat-zat makanan dimulai dari organ nomor ....
- 3 d. 6
- 4 e. 7
- 5
- UN Tahun 2011.
Kelenjar yang menghasilkan getah yang mengandung NaHCO3
serta enzim lipase, amilase, dan tripsinogen adalah.....
- 4 c. 3 e. 7
- 5 d. 6
- Organ yang berfungsi menghasilkan enzim lipase ditunjukkan oleh nomor ....
- 3 dan 5 d. 5 dan 9
- 3 dan 7 e. 2 dan 3
- 5 dan 8
- Tempat penyerapan kembali air terjadi pada organ nomor ....
- 5 d. 8 e. 7
- 6 e. 9
- Campuran makanan yang bersifat asam di dalam lambung disebut ....
- Kolesitokinin d. Bubur kim
- Cairan empedu e. Sekretin
- Cairan limfa
- UN Tahun 2012
Proses penguraian yang terjadi pada organ pencernaan
lambung adalah ...
- Maltosa ( dengan maltase ) menjadi glukosa
- Amilum ( dengan ptialin ) menjadi glukosa
- Sukrosa ( dengan sakarase ) menjadi sukrosa dan fruktosa
- Protein ( dengan pepsin ) menjadi proteosa dan pepton
- Laktosa ( dengan laktase ) menjadi glukosa
- Manusia tidak memiliki enzim yang dapat menguraikan kitin, polisakarida kompleks yang membentuk eksoskeleton pada udang dan kepiting. Manusia juga tidak memiliki enzim yang dapat mencerna ....
- Peptida d. Sukrosa
- Tepung e. Lemak
- Selulosa
- Perbedaan utama antara sistem pencernaan pada hewan pemamah biak dengan manusia, terletak pada susunan dan fungsi dari ....
- Usus dan anus
- Gigi dan kerongkongan
- Usus halus dan usus besar
- Lidah dan mulut
- Gigi dan usus
- UN tahun 2009
Perhatikan tabel berikut!
No
|
Organ
|
Enzim
|
Peran enzim
|
1
|
Mulut
|
Ptialin
|
Penguraian amilum
|
2
|
Lambung
|
Enzim renin
|
Mengumpulkan kafein susu
|
3
|
Usus halus
|
Tripsinogen
|
Penguraian protein menjadi pepsin
|
4
|
Prankreas
|
Erepsinogen
|
Maltosa menjadi glukosa
|
5
|
Hati
|
Steapsin
|
Penguraian amilum menjadi glukosa
|
Hubungan yang cocok antara organ, enzim dan peran enzim
pada proses pencernaan dalam tabel tersebut adalah ...
a.
1 dan 2 c. 2 dan 4 e.
3 dan 5
b.
2 dan 3 d. 3 dan 4
kunci jawaban
BAB 6 ( Sistem Pencernaan )
1.
C ( Hal 102 Praktis Belajar Biologi untuk Kelas XI )
2.
C ( Hal 100 Praktis
Belajar Biologi untuk Kelas XI )
3.
A ( Hal 85,Rizzy Firmansyah BSE Tahun 2009 )
4.
B ( Hal 106 Praktis Belajar Biologi untuk Kelas XI )
5.
A ( Hal 93, Rizzy Firmansyah BSE Tahun 2009 )
6.
C ( Hal 93, Rizzy Firmansyah BSE Tahun 2009 )
7.
D ( Hal 89, Rizzy Firmansyah BSE Tahun 2009 )
8.
A ( Hal 89, Rizzy Firmansyah BSE Tahun 2009 )
9.
A ( Hal 88-89, Rizzy Firmansyah BSE Tahun 2009 )
10.
C ( Hal 107, Praktis Belajar Biologi untuk Kelas XI )
11.
C ( Hal 92, Rizzy Firmansyah BSE Tahun 2009 )
12.
C ( Hal 92, Rizzy Firmansyah BSE Tahun 2009 )
13.
B ( Hal 93, Rizzy Firmansyah BSE Tahun 2009 )
14.
A ( Hal 93, Rizzy Firmansyah BSE Tahun 2009 )
15.
B ( Hal 94, Rizzy Firmansyah BSE Tahun 2009 )
16.
D ( Hal 109, Praktis Belajar
Biologi untuk Kelas XI )
17.
D ( Hal 93, Rizzy Firmansyah BSE Tahun 2009 )
18.
B ( Hal 110, Praktis Belajar Biologi
untuk Kelas XI )
19.
E ( Hal 96, Rizzy Firmansyah BSE Tahun 2009 )
A (Hal
93, Rizzy Firmansyah BSE Tahun 2009 )
Geen opmerkings nie:
Plaas 'n opmerking